Makalah "Presentasi Ilmiah" Oleh Kelompok VI PTIK-02/2013



Tugas : Kelompok
Dosen : Baharman, S.S, S.Pd, M. Hum
MAKALAH
BAHASA INDONESIA
KELOMPOK VI
AYU NUR RAMADHANA                                                           1329040032
MUHAMMAD AZHAR                                                                1329040054
ANGELA JANICE PESHA RAPPUN                                         1329040125
ARI NUGROHO BL                                                                       1329041029
ABRIANTO DWI SETIAWAN                                                    1329041090
WAHYUNI YUSUF                                                                        1329042041
MUHAMMAD AKRAM A                                                           1329042062

PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah senantisa memberkati kami dalam menyelesaikan makalah ini, sehingga kami bisa menyelesaikannya tepat pada waktunya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen, teman–teman, dan semua pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan kepada kami dalam menyusun dan menyelesaikan makalah ini, khususnya terima kasih kepada Bapak Baharman, S.S, S.pd, M.Hum. Sebagai dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang membimbing dan mengarahkan kami dalam membuat dan menyelesaikan makalah ini.
Kami membuat makalah ini, bertujuan untuk menjelaskan Presentasi Ilmiah. Karena melihat begitu pentingnya dalam kehidupan pada zaman sekarang ini.
Selaku manusia biasa, kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan yang tidak disengaja. Oleh karena itu kami membutuhkan kritik dan saran untuk menyempurnakan pembuatan makalah selanjutnya. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi   kita semua.

Makassar, 15 Desember 2013


Penulis





DAFTAR ISI
Kata pengantar............................................................................................................................ i
Daftar isi......................................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang........................................................................................................ 1
B.     Rumusan masalah................................................................................................. 1
C.     Tujuan......................................................................................................................... 1
D.    Manfaat....................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.      Pengertian Presentasi Ilmiah............................................................................. 2
B.      Tata Cara dan Etika Presentasi........................................................................... 3
C.      Melaksanakan Presentasi Ilmiah........................................................................ 6
BAB III Kesimpulan dan Saran
A.      Kesimpulan......................................................................................................................... 13
B.      Saran...................................................................................................................................... 13








BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Presentasi ilmiah adalah kegiatan yang lazim dilakukan dalam dunia ilmiah. Kegiatan itu berfungsi untuk menyebarkan informasi ilmiah. Karena mahasiswa merupakan intelektual yang berkewajiban menyebarkan ilmu yang dimilikinya, kemahiran untuk melakukan presentasi ilmiah merupakan suatu kebutuhan.
Seringkali dalam presentasi mengalami kegagalan, karena kurang percaya diri, dan kemacetan kata – kata dalam berbicara, mungkin materi yang akan dibawakan adalah materi yang pembahasannya sangat menarik tapi karena pembawaanya yang kurang menangkan atau kurang berbicara dalam mempresentasekan ilmiah.

B.      Rumusan Masalah
1.             Pengertian Presentasi Ilmiah ?
2.             Tata Cara dan Etika Presentasi Ilmiah ?
3.             Melaksanakan Presentasi Ilmiah ?
4.             Tips agar anda sukses dalam Presentasi Ilmiah?

C.      Tujuan
Tujuan di buatnya makalah ini adalah memberi gambaran tentang teknik pembuatan proposal yang baik dan benar.

D.     Manfaat
Manfaat dari penulisan presentasi ilmiah ini dapat kita pahami bagaimana tata cara dan etika presentasi ilmiah.


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Presentasi Ilmiah
IlmiahPresentasi ilmiah adalah kegiatan yang lazim dilakukan dalam dunia ilmiah. Kegiatan itu berfungsi untuk menyebarkan informasi ilmiah. Karena mahasiswa merupakan intelektual yang berkewajiban menyebarkan ilmu yang dimilikinya, kemahiran untuk melakukan presentasi ilmiah merupakan suatu kebutuhan.
Agar presentasi ilmiah dapat berjalan dengan efektif, ada kiat-kiat yang perlu diterapkan, yakni :
a.             menarik minat dan perhatian peserta.
b.             menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang dibahas, dan
c.              menjaga etika ketika tampil di depan forum ilmiah.
Untuk menarik minat dan perhatian pada topik/masalah yang dibahas, seorang penyaji dapat menggunakan media yang menarik (media visual seperti gambar dengan warna yang menarik, ilustrasi, dll.), mengetahui latar belakang peserta, dan menjaga suara agar tidak monoton serta terdengar jelas oleh seluruh peserta yang berada di suatu ruangan.
Untuk menjaga agar presentasi tetap fokus pada madalah yang dibahas, penyaji harus menaati bahan yang telah disiapkan dan memberi penjelasan singkat, padat, terhadap butir-butir inti.Untuk menjaga etika dapat dilakukan dengan cara menghindari hal-hal yang dapat merugikan (menyinggung perasaan) orang lain. Butir-butir rinci tentang etika dan tata cara yang perlu ditaati dalam forum ilmiah akan diuraikan berikut ini.



B.      Tata Cara dan Etika Presentasi
IlmiahPresentasi ilmiah akan berhasil jika penyaji menaati tata cara yang lazim.
1.      penyaji perlu memberi informasi kepada peserta secara memadai. Informasi tersebut akan dipahami dengan baik jika peserta memperoleh bahan tertulis, baik bahan lengkap maupun bahasan presentasi powerpoint. Jika diperlukan, bahan dapat dilengkapi dengan ilustrasi yang relevan. Apabila bahan ditayangkan, harus dipastikan bahwa semua peserta dapat melihat layer dan dapat membaca tulisan yang disajikan.
2.      penyaji menyajikan bahan dalam waktu yang tersedia. Untuk itu, penyaji perlu merencanakan penggunaan waktu dan menaati panduan yang diberikan oleh moderator.
3.      penyaji menaati etika yang berlaku di forum ilmiah.
Etika berkaitan dengan keyakinan dan prinsip mengenai mana yang benar dan mana yang salah serta mana yang patut dan mana yang tidak patut. Satu nilai yang harus dipegang dalam menjaga etika adalah “menjaga perilaku agar tidak merugikan orang lain”.
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh penyaji dalam etika adalah kejujuran. Dalam dunia ilmiah, kejujuran merupakan butir etis terpenting. Setiap orang wajib bersikap sangat terbuka dalam segala hal menyangkut informasi yang dsajikan. Jika menyajikan data, penyaji harus secara jujur menyebutkan apakah data itu hasil penelitiannya ataukah diambil dari sumber lain.
Adapun etika yang harus dijaga oleh peserta antara lain adalah sebagai berikut. Pertama, setiap peserta harus jujur pada diri sendiri. Artinya, dia akan bertanya jika memang tidak tahu, akan mencari klarifikasi apabila masih bingung atau belum yakin, akan mengecek apakah pemahamannya sudah benar ataukah belum, dsb.
Terkait dengan perilaku bertanya untuk memperoleh klarifikasi atau informasi, satu kewajiban penanya adalah menyimak jawaban dari penyaji. Akan lebih bagus jika penanya menunjukkan apresiasi positif terhadap jawaban yang telah diberikan. Apabila dengan terpaksa penanya meninggalkan ruangan sebelum jawaban diberikan, dia wajib meminta maaf dan meminta izin untuk meninggalkan ruangan.
Jalannya forum ilmiah banyak ditentukan oleh moderator sebagai pemandu.
Selain adil, seorang moderator juga harus menaati jadwal atau waktu yang telah ditentukan.
1.      moderator seyogianya tidak terlalu banyak mengambil waktu untuk berkomentar yang tidak fungsional.
2.      moderator harus mengatur waktu yang digunakan oleh semua pihak, baik penyaji maupun peserta.
Oleh sebab itu, moderator harus punya keberanian untuk menginterupsi dengan santun pembicaran seseorang agar taat waktu.
Semua hal yang terungkap selama forum, baik inti uraian penyaji, pertanyaan, maupun jawaban perlu dicatat secara rapi oleh notulis. Hasil catatan yang telah ditata ringkas sebaiknya dicetak dan dibagikan minimal kepada semua orang yang terlibat dalam forum tersebut. Hal ini memberi kesempatan bagi pemilik gagasan/konsep untuk meluruskannya jika ada hal-hal yang kurang tepat.
Teknisi wajib memastikan bahwa peralatan teknologi yang digunakan bekerja dengan baik. Menyiapkan Bahan Presentasi Ilmiah dengan Multimedia
Dalam era teknologi informasi, presentasi ilmiah dengan memakai multimedia sudah menjadi kebutuhan karena beberapa alasan.
1.      presentasi akan menjadi menarik karena penyaji dapat membuat manuver dalam memvariasi teknik penyajian bahan, termasuk melalui animasi.
2.      penyaji dapat menghemat waktu karena dapat mengoreksi bahan sewaktu-waktu diperlukan.
3.      penyaji dapat memberikan penekanan pada butir permasalahan yang dikehendaki secara menarik.
4.      penyaji sangat dimudahkan karena membawa bahan dalam bentuk flashdisc.
5.      bahan presentasi dapat sangat ringkas sehingga membantu peserta menangkap esensi bahan yang dibahas.
6.      peserta dapat langsung mengopi file presentasi yang diperlukan.
Agar manfaat multimedia dapat dinikmati, presentasi multimedia perlu disiapkan dengan baik. Dalam menyiapkan presentasi multimedia, langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut.
1.      Tentukan butir-butir terpenting bahan yang dibahas. Penyebutan butir hendaknya tidak boleh terlalu singkat, tetapi juga tidak boleh terlalu elabratif karena elaborasi akan dilakukan secara lisan oleh penyaji.
2.      Atur butri-butir tersebut agar alur penyajian runtut dan runut (koheren dan kohesif).
3.      Kerangka pikir perlu diungkapkan/disajikan dalam diagram atau bagan alir untuk menunjukkan alur penalarannya.
4.      Tuliskan semuanya dalam bingkai power point dengan ukuran huruf atau gambar yang memadai.
5.      Pilih rancangan slide yang cocok (ingat, kontras warna dan animasi sangat penting. Namun, jangan sampai bahwa terjadi dekorasi lebih menarik daripada butir bahasan).
6.      Uji coba tayang untuk memastikan bahwa semua bahan yang disajikan dalam slide dapat terbaca oleh peserta dalam ruangan yang tersedia.
7.      Cetak bahan dalam slide tersebut untuk digunakan sebagai pegangan dalam penyajian

C.      Melaksanakan Presentasi Ilmiah
Presentasi ilmiah pada dasarnya adalah mengomunikasikan bahan ilmiah kepada peserta forum ilmiah. Oleh karena itu, dalam presentasi ilmiah berlaku prinsip-prinsip komunikasi.
Beberapa prinsip komunikasi berikut dapat dipertimbangkan :
1.      Mengurangi gangguan komunikasi secara antisipatif.
2.      Memastikan kecukupan pencahayaan dan ruang gerak.
3.      Memperhatikan tingkat kapasitas peserta ketika memilih bahasa dan media.
4.      Menghindari kemungkinan multitafsir ungkapan yang dipilih.
5.      Berpikir positif tentang peserta.
6.      Membuat peserta dihormati dan dihargai.
7.      Mempertimbangkan budaya peserta.
8.      Bersikap terbuka terhadap perbedaan sikap dan pendapat orang lain.
9.      Memastikan bahwa pakaian yang akan dipakai tepat pilihan dari segi situasi formal dan budaya setempat.
10.  Memaksimalkan efektivitas dalam proses presentasi
11.  Memastikan bahwa suaranya dapat didengar oleh semua peserta.
12.  Memastikan bahwa penyaji dapat melihat semua peserta.
13.  Menjadi penyimak/pendengar yang baik jika ada peserta yang bertanya.
14.  Memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya.
15.  Mendorong peserta untuk aktif terlibat.
16.  Menggunakan media yang menarik dan tepat guna
Menghindari Stress Warming Up. Anda dapat melakukan sedikit warming up untuk menghindari stress akibat tekanan yang terjadi ketika tampil di depan publik. Gunakan trik berikut :


1.      Duduk santai dengan menyandarkan badan pada kursi.
2.      Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung (mudah-mudahan anda tidak sedang pilek) dan keluarkan lewat mulut. Ulangi beberapa detik sampai anda merasa lega (jangan terlalu lama, karena akan menambah stress bagi anda).
3.      Lemaskan otot-otot leher (biasanya otot leher yang kaku menyebabkan tekanan pada pikiran). Geleng-gelengkan kepala (kalau perlu putar kepala) beberapa kali (ini juga jangan terlalu lama, karena anda akan keringatan!
4.      Sambil duduk, goyangkan badan anda kekiri dan kekanan (gerak menengok kebelakang disertai badan) beberapa kali.
5.      Terakhir lemaskan pergelangan kaki dengan menggerakakan pergelangan kaki.
Selanjutnya anda siap berdiri dan menyampaikan materi. Yang perlu diperhatikan dalam Presentasi yakni sebagai berikut :
1.      Kuasai Lingkungan. Penguasaan lingkungan diperlukan untuk menghindari tambahan tekanan mental ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
2.      Perhatikan audience. Tataplah audience secara merata dan bergantian, sehingga mengesankan bahwa anda sangat memperhatikan mereka (jangan memelototi mereka ya!!!).
3.      Bicara lugas. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas, yang mengesankan anda tidak sombong (jangan memakai bahasa luar angkasa walaupun sebagian audience mengerti maksudnya).
4.      Jelaskan media. Media presentasi hanya sebagai guiden (tuntunan) untuk menjaga alur presentasi. Hindari membaca media presentasi kata-perkata (apalagi titik koma di baca sekaligus.)
5.      Jika dipandang perlu. Berikan joke-joke segar yang membangkitkan suasana (banyak joke yang dapat anda dapatkan di internet!!!!/ disini atau disini ). Hindari joke (humor) yang berbau SARA, karena dapat menyinggung audience.
6.      Tarik perhatian audience. Joke adalah cara yang paling efektif untuk hal tersebut. Tetapi jika anda tidak pengalaman atau anda bukan seorang yang terbiasa melakukannya, jangan dipaksakan.
7.      Ada cara lain yang dapat dilakukan yaitu merubah intonasi suara dari yang semula datar-datar saja menjadi intonasi yang meledak-ledak. Atur intonasi tersebut beberapa kali sampai audience tersadar perhatiannya.
8.      buat gerakan yang tidak terduga misalnya, mendekati audience untuk mencari perhatian lebih. Jika perlu buat gerakan tersebut beberapa kali sampai perhatian audience kembali kepada presentasi anda.
9.      Dan banyak trik yang dapat anda gunakan dengan menyesuaikan suasana presentasi.
            Hindari hal-hal di bawah ini pada saat Presentasi :
1.      Menerima Telpon (HP) pada saat presentasi. Disarankan mematikan HP atau menggunakan mode meeting, sehingga tidak mengganggu konsentrasi audience (kecuali dengan sengaja anda menginginkan perubahan yang monoton pada presentasi anda).
2.      Menggunakan kata-kata yang tidak dimengerti audience. Maksud anda ingin mengesankan kepada audience bahwa anda seorang yang canggih, internasionalis, dan smart.
3.      Memperhatikan slide presentasi di dinding projector sehingga anda membelakangi audience.
4.      Berbicara seperti orang mengguman yang sebenarnya anda sendiri tidak yakin maksudnya. Jelaskan dengan bahasa sederhana dengan intonasi yang normal (jangan terlalu cepat seperti orang dikejar kereta, atau terlalu lambat).
Cara Memberikan Presentasi yang Menarik dan Efektif Presentasi merupakan satu bagian tak terpisahkan dari kegiatan kita sebagai peneliti.
Dengan presentasi, kita berusaha mengkomunikasikan ide kita secara langsung kepada pendengar yang berarti juga pada komunitas ilmiah (thought collective).
Beberapa kali terlihat banyak peneliti yang sebenarnya materinya sangat menarik, tetapi cara mempresentasikan idenya membuat orang malas mengikuti.
Prof. Hasegawa menyampaikan rangkuman beliau ttg. tips-tips dalam presentasi ilmiah. Rangkuman tersebut bersumber dari artikel di Bio Nikkei business bulan November 2001, dan dimodifikasi berdasarkan pengalaman beliau sebagai peneliti di bidang medical imaging.
Ada 3 tips agar anda sukses dalam presentasia.
a.       Untuk meyakinkan pendengar, jangan memilih cara inkonvensional (tidak lazim), tapi sampaikan presentasi yang “berisi” agar bisa difahami oleh pendengar.
      Hal yang sangat penting dalam memberikan presentasi, adalah kemampuan persuasi dari materi yang disajikan. Hindarkanlah memakai trik atau cara inkonvensional yang kurang perlu, agar tidak mengurangi reliability dari materi yang disampaikan. Jika pendengar presentasi anda terdiri dari para ekspert, presentasi yang bersifat “menyerang”, “straight”, “smash” lebih efektif. Sebalikya, jika presentasi anda terlalu bertele-tele, berakibat menurunnya konsentrasi ekspert pendengar yang berusaha memahami penelitian anda.
b.      Faktor penting dalam presentasi adalah keseluruhan ide yang disampaikan harus dapat dipahami oleh pendengar.
      Dalam presentasi, sangat penting bahwa ide yang disampaikan dapat difahami secara keseluruhan oleh pendengar. Untuk itu, saat menyiapkan slide, pada bagian awal jelaskan item-item apa saja yang akan dibahas. Misalnya anda ingin menjelaskan karakteristik metode yang anda teliti. Pertama-tama jelaskan ada berapakah karakteristik dari metode tsb. Setelah itu, diikuti dengan menjelaskan masing-masing karakteristik tersebut secara berurutan dan terstruktur.
      Jika anda menjelaskan hasil eksperimen, pertama-tama jelaskan bagian terpenting dari hasil tersebut dengan kalimat yang sederhana dan mudah ditangkap. Baru kemudian siapkan slide yang menjelaskan secara detail karakteristik hasil yang diperoleh.
      Dengan membuat slide terstruktur seperti ini, saat anda menyampaikan presentasi, ide keseluruhan/outline dengan sendirinya akan dijelaskan pada awal dari slide presentasi. Misalnya “Pada metode ini ada tiga karakteristik yang penting. Ketiga hal tsb. masing-masing A, B dan C. 
c.       Pada akhir presentasi, sangat dianjurkan untuk mengulas kembali point-point penting yang dipresentasikan.
      Pada slide terakhir, sangat dianjurkan untuk mengulas kembali bagian-bagian penting yang perlu “digarisbawahi”. Anda dapat mengawalinya dengan kalimat sbb. “Demikian telah kami jelaskan penelitian mengenai W. Sebelum menutup presentasi ini, kami ingin mengulang kembali beberapa hal dan temuan penting dalam penelitian ini”. Untuk menjelaskan per point, anda dapat memakai kalimat misalnya sbb. “Pada studi ini, ada tiga temuan penting, yaitu X, Y dan Z.” Diikuti dengan menjelaskan masing-masing X, Y dan Z. Pemakaian kata “tiga” pada kalimat di atas, yang menunjukkan “banyaknya point” akan sangat membantu pendengar untuk memahami dan mengingat hal-hal yang akan disampaikan.
Dalam penyampaian tsb., anda perlu memikirkan cara pengungkapan yang paling jitu, dan paling berkesan, akan tetapi tidak jangan sampai terkesan tergesa-gesa. Fikirkan dengan sebaik-baiknya point-point penting mana yang akan anda sampaikan.
·         Misalnya tujuan presentasi tersebut. adalah menjelaskan suatu metode, maka point yang penting untuk diulang adalah segi : keunggulan dan originality.
·         Misalnya anda ingin menyampaikan hasil yang menarik dari suatu eksperimen,maka anda dapat mengulang angka-angka yang mendukung hasil akhireksperimen tsb. seperti misalnya recognition rate, error-rate.
Yang manapun yang akan anda sampaikan, anda harus membuat alur cerita yang logis, dengan menyampaikan data yang dapat meyakinkan pendengar. Data seperti ini janganlah ditampilkan secara tiba-tiba pada slide yang terakhir, melainkan harus disampaikan pada tengah alur presentasi.
Penyampaian pada slide terakhir harus bersifat hanya sebagai ulangan. Kalau pada slide terakhir tersebut anda justru menampilkan hasil eksperimen yang sama sekali baru dan belum pernah diperkenalkan pada slide sebelumnya, justru akan berakibat membingungkan pendengar dalam menangkap bagian penting presentasi anda.
1.      Pemakaian demonstrasi eksperimen merupakan hal yang menarik. Siapkan beberapa alternatif yang akan didemonstrasikan pada pendengar.
2.      Perhatikan pengaturan waktu/scheduling dalam menyampaikan presentasi. Jika presentasi terasa berjalan lambat, anda perlu untuk meringkas materi yang disajikan.
Biasanya waktu untuk presentasi dibatasi, sehingga untuk menyampaikan materi penelitian, anda perlu memperhatikan pembagian waktu untuk tiap slide.
1.      Perlunya berlatih presentasi di depan teman/kolega.Jika seseorang belum terbiasa melakukan presentasi, dan tiba-tiba diharuskan memberikan presentasi pada seminar atau forum resmi, seringkali yang bersangkutan. gagal dikarenakan kata-kata macet di tengah-tengah, atau penjelasan yang diberikan ternyata salah. Jika penampilan anda seperti ini, bagaimana pun bagusnya materi yang akan disajikan, kegagalan tsb. akan membuat pihak pendengar presentasi anda menjadi Kurang percaya dan sulit untuk menerima argumen anda.
2.      Cek lah projector sebelum melakukan presentasi.Tidak ada artinya jerih payah anda menyiapkan slide atau demo software, jika anda tidak dapat mempresentasikannya pada hari H. Jangan sampai presentasi anda gagal hanya gara-gara alat tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk menghindari kegagalan semacam ini, sebelum presentasi, periksalah apakah alat-alat tersebut dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan.
3.      Saat anda men-set tampilan proyektor, sebaiknya jangan memakai slide-slide yang akan dipresentasikan. Disarankan untuk menyiapkan beberapa slide yang berfungsi sebagai “test-pattern” di halaman-halaman awal file presentasi anda.
Tips-tips dalam presentasi ilmiah adalah catatan Prof.Hasegawa (Chukyo Univ) disampaikan ke anggota lab. Rangkuman tsb. bersumber dari artikel di Bio Nikkei business bulan November 2001, dan dimodifikasi berdasarkan pengalaman beliau sebagai peneliti di bidang medical imaging.









BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Presentasi ilmiah adalah kegiatan yang lazim dilakukan dalam dunia ilmiah. Kegiatan itu berfungsi untuk menyebarkan informasi ilmiah. Karena mahasiswa merupakan intelektual yang berkewajiban menyebarkan ilmu yang dimilikinya, kemahiran untuk melakukan presentasi ilmiah merupakan suatu kebutuhan.
Agar presentasi ilmiah dapat berjalan dengan efektif, ada kiat-kiat yang perlu diterapkan, yakni :
a.       menarik minat dan perhatian peserta.
b.      menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang dibahas, dan.
c.       menjaga etika ketika tampil di depan forum ilmiah.
Untuk menarik minat dan perhatian pada topik/masalah yang dibahas, seorang penyaji dapat menggunakan media yang menarik (media visual seperti gambar dengan warna yang menarik, ilustrasi, dll.), mengetahui latar belakang peserta, dan menjaga suara agar tidak monoton serta terdengar jelas oleh seluruh peserta yang berada di suatu ruangan.
B.      SARAN
Diharapkan setelah berpedoman pada tata cara presentasi ilmiah dalam makalah ini, mahasiswa dapat melaksanakan presentasi ilmiah dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk menarik minat dan perhatian pada topik/masalah yang dibahas, seorang penyaji dapat menggunakan media yang menarik (media visual seperti gambar dengan warna yang menarik, ilustrasi, dll.), mengetahui latar belakang peserta, dan menjaga suara agar tidak monoton serta terdengar jelas oleh seluruh peserta yang berada di suatu ruangan.
Untuk menjaga agar presentasi tetap fokus pada madalah yang dibahas, penyaji harus menaati bahan yang telah disiapkan dan memberi penjelasan singkat, padat, terhadap butir-butir inti.